Sabtu, 21 Januari 2017

Wawancara Koperasi KSP Artha Jaya

Assalamualaikum teman-teman semua! Saya Putri Kladia dari kelas 2EB12 kali ini saya akan membagi pengalaman saya dengan teman-teman saya setelah mengunjungi koperasi di Artha Jaya Depok. Sebelumnya saya akan memperkenalkan rekan-rekan sekolompok saya bernama Adisti Anggraeni Putri, Hadiyanto, dan Reza Gilang Pradewa.

Bersama Bapak Adi Mulyadi


Sebelumnya, kami pernah mengunjungi koperasi Kossuma Depok di RTM, namun sayangnya koperasi ini sedang sibuk tidak bisa di wawancarai karena akan dilaksanakannya kegiatan RAT. Alhamdulilah setelah mencari-cari koperasi di sekitar kampus Gunadarma, kami menemukan koperasi Artha Jaya. Koperasi Artha Jaya ini terletak di Jalan Akses UI No.89 Cimanggis Depok, lebih tepatnya di Kampus C STIEBI samping kampus H Gunadarma. Nomor telepon 021-87720814 dan FAX 021-87721016.

 Koperasi Artha Jaya ini sangat baik untuk diajak kerjasama dengan kelompok kami, surat izin kunjungan koperasi kami pun langsung diterima dengan baik dan setelah disetujui kami mengadakan janji untuk melakukan wawancara serta di dokumentasikan dalam bentuk video serta foto.

Dalam kesempatan kali ini, kami mewawancari bersama Bapak Adi Mulyadi selaku Pengelola koperasi.

Karna kami berkelompok, maka kami berempat membagi masing-masing perorangan untuk membahas tentang koperasi Artha Jaya. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai “SIMPNAN dan PINJAMAN MUDAH, CEPAT DAN TEPAT SASARAN”. Dan rekan saya yang lainnya akan membahas tentang, Latar belakang, Keanggotaan, Program dan Visi Misi.

SIMPANAN
Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Artha Jaya memberikan layanan Simpanan Sukarela (tabungan) dengan bunga lebih besar dan dapat diambil sewaktu-waktu anda diperlukan.
Untuk simpanan sukarela ini akan mendapatkan bunga sebesar 9% per bulan. Bunga yang ditawarkan cukup besar. Koperasi Artha Jaya tidak berani menawarkan bunga lebih dari 9% karena takut disalah gunakan atau menjadi kasus di nantinya.


PINJAMAN
MUDAH, CEPAT DAN TEPAT SASARAN

MUDAH:
Syarat-syarat pengajuan pinjaman :
1.     Berstatus Anggota/Calon anggota KSP Arya. (Mengisi formulir permohonan menjadi anggota dan membayar simpanan pokok Rp. 100.000 dan Simpanan Wajib Rp. 20.000/bulan).
2.     Fotocopy KTP suami dan istri yang berdomisili di Jakarta, Depok, Bogor, Tanggerang dan Bekasi.
3.     Mengisi Permohonan menjadi Anggota KSP Artha Jaya (Formulir disediakan KSP).
4.     Mengisi formulir permohonan pengajuan pinjaman yang ditandatangani oleh Suami dan Istri (Formulir disediakan KSP).
5.     Menyerahkan fotocopy agunan bagi peminjam diatas 1 juta (BPKB, Sertifikat atau surat berharga lainnya).
6.     Slip Gaji / Surat Keterangan Usaha (Jika memungkinkan).

Untuk simpanan pokok sebesar Rp. 100.000 ini, hanya dibayarkan sekali pada saat menjadi anggota baru koperasi dan untuk simpanan wajib harus dibayarkan oleh anggota setiap bulannya. Uang simpanan wajib tersebut tidak dapat diambil, kecuali seseorang tersebut akan keluar menjadi anggota koperasi atau meninggal dunia. Biaya minimal pinjaman itu sebasar Rp. 500.000 dan untuk besarnya pinjaman maksimal setengah harga dari agunan yang dijaminkan oleh peminjam. Batas waktu pinjaman selama satu tahun. Jika lebih dari itu maka akan dikenakan denda sebesar sebesar 2%  bagi anggota koperasi dan 2,5% bagi calon anggota dari besarnya pinjaman.

CEPAT :
Setelah point 1 s/d 6 tersebut diatas terpenuhi maka surveyor akan melakukan survey. Data yang terkumpul akan digunakan sebagai bahan pertimbangan oleh Tim Pinjaman KSP Artha Jaya. Jika dinilai layak maka proses pencairan pinjaman dapat dilakukan dengan membawa dokumen/surat agunan yang asli dan telah menandatangani SPK (Surat Perjanjian Kerjasama).

TEPAT SASARAN :
Dalam ikut serta mensukseskan program pemerintah Tahun 2005 sebagai tahun UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) maka KSP Artha Jaya memberikan program khusus yaitu dengan pinjaman jasa ringan kepada UMKM. Sehingga dengan program tersebut diharapkan Tepat Sasaraan dan berdaya guna tinggi.

Koperasi KSP Artha Jaya, hanya memberikan pinjaman di sekitar wilayah Depok saja. Karena jika terlalu jauh sangat sulit dalam hal pengawasannya. Untuk jumlah anggota nya sendiri di KSP Artha Jaya kurang lebih ada 520 orang. Anggota ini antara lain Dosen di Kampus C STIEBI, Guru di sekolah SMK Harapan Bangsa, dan masyarakat disekitar wilaya Depok.

Dengan adanya koperasi KSP Artha Jaya, semoga para peminjan dapat menggunakan uang pinjaman tersebut untuk kehidupannya yang lebih berkembang lagi dan sukses untuk mengembangkan usahanya.
Informasi KSP Artha Jaya

Formulir Permohonan Calon Anggota

Keterangan Simpanan dan Pinjaman

Denah Lokasi KSP Artha Jaya

Formulir Data Diri Permohonan Pinjaman

Formulir Permohonan Pinjaman


Sekian yang dapat saya sampaikan, mengenai “SIMPNAN dan PINJAMAN MUDAH, CEPAT DAN TEPAT SASARAN” di KSP Artha Jaya Depok. Untuk informasi lebih lanjutnya akan dijelaskan oleh rekan saya yang lain.

Terimakasih kepada Bapak Adi Mulyadi selaku narasumber kami. Dengan adanya wawancara ini, kami dapat menambah wawasan seputar koperasi.

Terimakasih kepada Bapak Budi Hermana selaku Dosen Ekonomi Koperasi kami, telah memberikan kami tugas kunjungan koperasi. Karena dengan adanya tugas ini dapat melatih kita untuk membuat surat kunjungan koperasi dengan baik dan benar, dan dapat melatih kami untuk berkomunikasi dengan baik.


Wassalamualaikum.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar